3rd Trimester

Dear Readers,

Maafkaaaaaan saya yang sudah absen 2 bulan menulis blog hehehe.  Di satu sisi saya sedang padat mengurus online shop saya, di sisi lain tiap weekend ada aja yang harus diurus berkaitan dengan kehamilan 🙂

Anyway, sekarang saya sudah memasuki minggu ke 33…istilahnya 8 bulan lebih 1 minggu! time flies 🙂 .  Saya juga nggak menyangka kemarin-kemarin masih menunggu tendangan si kecil while sekarang sudah sangat terbiasa dan kadang meringis sendiri kalau si kecil mulai ‘berputar’ didalam sana.

Nah, apa saja sih yang saya rasakan di trimester ketiga ini?

Kondisi Fisik Menurun

Ini nggak bisa dihindari… faktanya kalau sedang hamil tubuh kita jadi lebih sensitif dan rentan penyakit, ini saya rasakan sekali.  Sebelum hamil makan es krim masih okelah walaupun dihindari untuk terlalu sering karna saya ada amandel.  Saat hamil ini saya hanya mencoba es sedikit saja tenggorokan saya rasanya sudah meradang.  Jadi mau nggak mau saya harus menghindari es dan gorengan terlalu banyak.  Oiya obat manjur alami buat saya hanya madu dan sari kurma saja hehe.

Pelvic Pain

Gosh, ini yang saya nggak antisipasi.  I don’t know the pelvic pain would be this bad.  Saya pikir cuma ngilu-ngilu biasa aja.  Tapi ternyata ini ngilu sekaliiiiiii.. ditambah posisi bayi saya yang masih sungsang menambah rasa sakit di bagian pelvic.  Untuk jalan saja rasanya sulit makanya even dirumah pun saya males jalan kemana-mana 😦 .  Untuk mengatasi ini saya bertanya pada instruktur yoga hamil saya gerakan-gerakan apa yang dapat membantu mengurangi rasa sakitnya.. and it works! memang nggak hilang 100% sih tapi membantu sekali mengurangi ngilu nya.

Sulit Mencari Posisi Tidur

Setiap ibu hamil pasti tau sulitnya mencari posisi yang nyaman saat tidur. Lalu saat sudah nyaman ingin ke toilet hahaha itu selalu terjadi dengan saya. Tapi satu hal, saya nggak tau kenapa memang di trimester ketiga ini saya jarang back pain.  Aneh ya? disaat ibu hamil lain justru mengeluh sakit pinggang.  Saya juga nggak paham apa karena saya yoga atau karena bantal ini :

mc wedge pillow

Namanya Mothercare Wedge Pillow kalau tidak salah.  Awalnya saya membeli bantal ini sebagai support pillow di mobil.  Tapi ternyata malah kurang nyaman hehehehe jadi saya pakai untuk tidur dan mengganjal bagian pinggang bagian kanan (karena kalau tidur menghadap kiri sekarang pelvic saya sakit sekali).  Anehnya saya tidak pernah merasa sakit pinggang sejak saya tidur dengan bantal ini..alhamdulillah.

Yoga

Sebenarnya saya juga nggak rajin-rajin banget yoga.. hanya seminggu sekali saat suami bisa mengantar.  Tapi menyenangkan sekali ikut yoga karena bisa bertemu dengan sesama ibu hamil, berbagi cerita, bertanya-tanya (apalagi untuk calon ibu baru seperti saya), sekaligus berolahraga.  Saya biasa yoga di nujuhbulan, lebih tepatnya di bintaro karena suasananya yg homey sekali dan santai.

Semakin Jarang Bepergian

Jujur saja saya sangat jarang bepergian saat trimester ketiga ini karena takut kelelahan.  Some people understand, some people judge, but whatever.  Bagi saya, kehamilan ini yang utama.  Saya juga selalu diantar suami atau supir  atau keluarga kemanapun saya pergi.  Bukannya gimana-gimana, emangnya kalau saya tiba-tiba jatuh atau mules atau apa siapa yang mau bertanggung jawab? .  Menurut saya, sebagai ibu hamil kita berhak untuk sedikit egois, karena didalam tubuh kita ada 2 nyawa.. so please be smart for the sake of yourself and your baby.  Saya nggak mengatakan bahwa kita nggak bisa atau nggak boleh kemana-mana di trimester ketiga ini, tapi berikan batasan sampai mana tubuh kita mampu dan kondisi apa yang kira-kira memungkinkan untuk kita bepergian.  Nggak mau menyesal di kemudian hari kan? 🙂

Love Yourself Unconditionally

Selama hamil tentu banyak sekali perubahan pada tubuh kita, seperti jerawat, stretchmark, kulit yang kusam, kaki yang bengkak, dan banyak lagi.  I do feel uncomfortable sometimes.  Merasa diri nggak cantik lagi, bentuk badan semakin nggak karuan, macem-macem pokoknya! .  Disinilah menurut saya kita harus tetap percaya diri dan menyayangi diri kita apa adanya.  Tentunya dukungan orang sekitar kita dapat mempengaruhi pikiran kita.  Lucky me, my husband always say i am beautiful every single day though i am a tiger momma now :p. 

Nggak berasa sebentar lagi yang di perut bisa dipeluk-peluk hehehe.. bismillah semoga lancar semuanya.  Nggak sabar untuk share foto baby pas udah lahir nanti 🙂

with love,

signature 1

 

Advertisements

2 thoughts on “3rd Trimester

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s