Tips Menurunkan BB Setelah Melahirkan

Dear Readers,

Judulnya eye catching sekali ya hahaha. ¬†Pasti¬†mamak-mamak yang sudah melahirkan suka banget nih ūüėÄ

Sejujurnya saya nggak ada niat untuk diet. ¬†Jadi semuanya berdasarkan kebetulan. ¬†Kebetulan yang nggak enak semua sih… karena saya sempat kena demam berdarah dan hemorroid. ¬†Jadi awalnya turunnya itu karena SAKIT. ¬†Duh nggak enak banget deh buibu jangan sampe ya.

BB saya naik hingga 23kg menjadi 75kg saat hamil Rafi.  Lalu karena begadang dan lain-lain akhirnya turun menjadi 65kg.  Trus mandet tuh :p habis sakit demam berdarah pun turunnya ke 63kg aja.

Nah yang paling menyusahkan adalah ketika saya kena Hemorroid atau istilah kurang kerennya ambeien yang membuat saya harus makan banyak serat.  Nah, sejak itulah berat badan saya turuuuuun terus (perlahan sih mungkin 2kg kali ya per bulan).

Jadi tips saya untuk ibu-ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan :

1. Makan Banyak Serat

Ini penting pake banget.  Selain cukup mengenyangkan, ini sangat baik untuk mencegah hemorroid karena ibu-ibu yang baru melahirkan sangat rentan terkena hemorroid.  Kalau saya biasanya makan 2-3x sehari.  Makannya bukan cuma sesendok ya buibu.. semangkok.  Kalau perlu 1 ikat bayam sendiri (ini saya jalankan sendiri), sampai-sampai saya dibilang popeye sama orang rumah hahaha.

2. Jangan Makan Setelah jam 7 Malam

Nah kalau saya memang jadwal makannya jadi berubah ni.  Sarapan jam setengah 7 pagi sebelum memberi rafi makan, lalu jam 10/11, makan siang jam 2, makan terakhir jam 5.  Jam setengah 7 malam saya cuma makan sayur aja semangkok.  Kadang agak kriuk kriuk dikit sih tengah malem :p tapi saya suka males turun kebawah jadinya bablas deh sampai pagi.

3. (Kalau bisa) Olahraga

Saya ngertiiiii banget yang namanya masih punya anak bayi itu rempongnya gimana.  Apalagi kalau nggak ada yang membantu dirumah hehe.  Makanya kalau dulu saya pake ergo baby aja jalan keliling komplek.  Lumayan banget lho keringetan karena sambil gendong baby haha.

4. Kurangi Makan yang Berlemak

Nah ini awalnya karena ketika saya periksa ke dokter penyakit dalam perihal hemorroid saya.  Dokter bilang empedu saya bermasalah (?) yang intinya baiknya mengurangi makanan berlemak seperti keju dan kawan kawan.  Jadi selama beberapa minggu memang saya mengurangi makanan berlemak.  Walaupun sekarang udah nggak sih :p

5. Makan Sedikit tapi Sering

Yap, ini bener banget.  Lebih baik porsi sedikit-sedikit tapi sering daripada jarang tapi langsung banyak.  Tapi makan beneran loh yaa (nasi, makan berat) bukan cemilan.. karena sebenarnya cemilan ini juga bikin susah turun bb hehe.

 

Sekian tips dari saya.. simple banget yaa hehe.  Tips-tips diatas sudah saya jalankan lho sekarang berat saya sudah 53kg lagi sudah kembali ke berat sebelum hamil hehehe soalnya saya punya target untuk kembali ke berat awal sebelum hamil lagi :p

Semoga bermanfaat ya, see ya on the next post!

 

signature 1